Perubahan Pertama, yaitu pada change management atau Manajemen Perubahan
Perubahan ini meliputi manajemen perubahan pada identitas perusahaan. Visinya berubah menjadi Integritas, Profesional, Keselamatan, Inovasi dan Pelayanan prima.dari segi pakaian karyawan dan lambang Logo dan juga turut mengalami perubahan , logo yang dulunya berbentuk segi empat miring dengan warna dominan oranye, berubah seperti kereta api yang sedang melesat dengan penambahan warna biru.Pakaian karywan dari warna sumber gambar : kai.id abu-abu sekarang menjadi putih. “Kunci perubahan pada KAI adalah pada komitmen manajemen,”
Perubahan Selanjutnya , commitment management atau Komitmen Manajemen
komitmen manajemen ini seperti pembenahan sistem remunerasi yang membawa konsekuensi penanganan sumber daya manusia. tahun tahun sebelumnya, sistem pengupahan sama dengan sistem pegawai negeri. Sekarang penggajian diterapakan agar produktivitas perusahaan meningkat, diterapkan sistem remunerasi baru dengan meniadakan senioritas. “Dulu dikenal urut kacang, sekarang sudah ada career path dan menerapkan pro hire,” .
Implementasi Teknologi Informasi (TI)
zaman sekarang ini teknologi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. teknologi sudah sangat pesat merambat setiap sisi kehidupan manusia saat ini.KAI begitu penting untuk melakukan perubahan yang cepat. Dukungan TI yang sigap mengharuskan perusahaan untuk melakukan standarisasi TI di semua elemen, mulai dari restrukturisasi organisasi hingga penerapan website, mobile application, dan media sosial yang lebih baik. “KAI juga menerapkan pro hire terutama dalam mengejar ketertinggalan di bidang TI. Karena memang existing banyak hal yang perlu dibenahi seperti penertiban aset dan low enforcement sebelumnya,” TI juga sangat bermanfaat untuk kemudahan akses, layanan, efisien serta efektif.
artikel ini dikutip dari : www.swa.co.id - https://swa.co.id/business-champions/companies/kunci-perubahan-kai-komitemen-manajemen
3 Perubahan Besar Pada PT Kereta Api Indonsia (Persero)