Jumat, 28 September 2018

Studi kasus ben and jerry's ice cream



TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA BEN AND JERRY`S ICE CREAM

         
Ben & Jerry’s Ice Cream dimulai sebagai bisnis kecil dan telah tumbuh menjadi perusahaan
internasional. Pernyataan misinya mencakup provisi mengenai (1) menghasilkan produk yang
baik bagi pelanggannya, (2) menyediakan laba untuk para pemegang saham, dan (3) memenuhi
tanggung jawab sosialnya. Ketiga tujuan ini tidak memiliki urutan tertentu. Ben & Jerry’s yakin
bahwa perusahaan sebaiknya tidak hanya focus pada salah satu tujuan saja tetapi sebaiknya
mencapai ketiga tujuan tersebut sekaligus.

          Ben & Jerry’s menyumbangkan 7,5% dari laba sebelum pajaknya ke yayasan, yang memberikan
donasi dalam bentuk uang ke organisasi amal tertentu. Dalam usaha yang lain untuk memenuhi
tanggung jawab sosialnya Ben & Jerry’s bekerjasama dengan bisnis bisnis kecil, karena para
pemiliknya masih mengingat bahwa perusahaan dulu juga dimulai dari bisnis kecil. Perusahaan
mengandalkan bisnis bisnis kecil untuk beberapa bahan baku yang digunakan dalam proses
produksinya.
          Ben & Jerry’s telah membuktikan bahwa perusahaan dapat mencapai misi ekonominya
sementara misi sosialnya. Komitmen social perusahaan telah meningkatkan reputasi Ben &
Jerry’s, meningkatkan pengakuan atas nama perusahaan, dan mendorong permintaan akan es
krim yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan demikian misi social perusahaan telah
meningkatkan laba perusahaan dan oleh karena itu selaras dengan misi ekonominya.
Pertanyaan :
1. Mengapa anda pikir Ben & Jerry’s mempunyai misi sosial ?
2. Apakah misi sosial bertentangan dengan misi ekonomi ?
3. Apakah anda pikir pemegang saham tidak menyetujui misi sosial Ben & Jerry’s?


tugas pengantar bisnis di universitas jambi
List dari point artikel BnJ  :

a.       Bnj mulai dari bisnis kecil
b.      Berkembang menjadi perusahaan internasional
c.       Bnj punya 3 misi
d.      Memproduksi produk yang baik bagi konsumennya
e.      Memberikan imbalan ekonomis ke investor nya
f.        Memenuhi tanggung jawabnya sosialnya
g.       Tujuan/misi yg tidak harus didahulukan dengan misi yang lain
h.      Bnj tidak terfokus pada satu tujuan saja
i.         Memisahkan 7.5% dari laba nya sebelum pajak
j.        Mengarahkan laba tersebut ke yayasan sosial
k.       Bnj bekerja sama dengan bisnis kecil lainnya
l.         Bnj ingat bahwa ia pernah menjadi bisnis kecil
m.    Mengandalkan bisnis kecil untuk untuk beberapa bahan baku
n.      Misi ekonomi dan sosial nya tercapai
o.      Komitmen sosialnya  meningkatkan reputasi Bnj
p.      Bnj menaikan pengakuan namanya  melalui komitmen sosial nya
q.      Memberikan stimulasi permintaan ice creamnya
r.        Misi sosialnya perusahaan meningkatkan laba perusahaan
s.       Misi sosial yang selaras dengan misi ekonomi

 
  
JAWABAN
1 1. Karena dalam misi usaha nya terdapat point mengenai  misi sosial.misinya yaitu (1) menghasilkan produk yang baik bagi pelanggannya, (2) menyediakan laba untuk para pemegang saham, dan (3) memenuhi tanggung jawab sosialnya.ketiga dari tujuan misinya ini tidak harus mutlak harus berurutan dan terfokus pada satu misi saja,melainkan misinya itu harus sekaligus dijalankan karena didalamnya terdapat hubungan yang selaras di setiap misinya itu sendiri.menurutnya misi sosial pada usahanya akan berhubungan erat terhadap perkembangan usahanya. Bnj percaya bahwa pertumbuhan bisnis punya hubungan erat dengan CSR (Corporate sosial responsibility)

Menurut CSR Forum (Wibisono, 2007) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai bisnis yang dilakukan secara transparan dan terbuka serta berdasarkan pada nilai nilai moral dan menjunjung tinggi rasa hormat kepada karyawan, komunitas dan lingkungan.
CSR juga sangat bermanfaat sekali bagi karyawan di perusahaan nya,dengan CSR ini dapat meningkatkan kualitas karyawan serta terhadap lingkungan sekitarnya.

Bnj telah melakukan komitmen berkerja sama dengan perusahaan kecil/bisnis kecil.bnj juga menyumbangkan 7,5% dari laba nya sebelumnya ke yayasan amal.bnj mengandalkan perusahaan kecil untuk bahan baku produksi perusahaannya.dari hal itu sudah jelas terlihat bahwa bnj juga ikut memberdayakan perusahaan kecil melalui kegiatan jual beli.

Misi sosial dari perusahaanya itu dalam jangka waktu yg cepat juga akan berdampak sebagai kontribusi positif bagi masyarakat.karena akan dianggap membantu dan mewujudkan perekonimian masyarakat yang sejahtera di waktu yg akan datang serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dari kejadian itu ,bnj justru akan memperoleh tanggapan yang positif setiap kali menawarkan sesuatu kepada masyarakat. Perusahaan tidak saja dianggap sekedar menawarkan produk untuk dibeli masyarakat, tetapi juga dianggap menawarkan sesuatu yang membawa perbaikan masyarakat.

Jadi kesimpulannya misi sosial yg dilakukan oleh bnj akan membawa kesan positif bagi masyarakat/konsumen sehingga membuat masyarakat tertarik dengan produknya dan salah satu misi perusahaan juga terwujud.serta perkembangan perusahaan yg lebih maju

22Menurut pandangan saya misi sosialnya tidak bertentangan dengan misi ekonominya.karena misi sosialnya erat kaitan nya dengan misi ekonomi nya.misi sosial yang dilaksanakan membawa kesan positif bagi orang orang yang terkait dalam perusahaan nya itu,misi sosial itu berkaitan dengan proses pensejahteraan karyawan nya selain itu misi sosial nya juga berpengaruh pada masyarakat.pengaruh itu dapat mewujudkan kesejahteraan perekonomian masyarakat itu dalam jangka panjang.

masyarakat akan cenderung memberikan kesan kesan positif terhadap kinerja dan produk bnj,hal itu akan mendorong masyarakat  beramai ramai melakukan pembelian produk bnj.hal itu mendorong terjadi nya kenaikan jumlah permintaan masyarakat terhadap produknya dan dapat menaikan reputasi perusahaannya menjadi perusahaan ygang besar,sehingga perusahaan itu memperoleh laba maksimum dari permintaan produk yang meningkat itu. masyarakat berpendapat bahwa perusahaan besar yang mendapatkan profit besar pula harusnya secara etika punya tanggung jawab dan komitmen atas sebagian profitnya untuk kepentingan komunitas,pegawai,pemerintah,danjuga lingkungan.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi dari misi perusahaan secara umum yaitu :  pihak luar antara lain pelanggan,pemasok,kreditor,pemerintah,kumpulan pekerja,pesaing,dan masyarakat umum.dari hal itu saja sudah jelas bahwa betapa pentingnya  misi sosial itu sendiri terhadap perkembangan sebuah perusahaan.hal itu dapat kita lihat dari pihak pihak tersebut yang jumlah nya sangat banyak serta harus betindak tanggung jawab sosial yg penuh.jika misi itu saling bertentangan maka akan terjadi ketidak seimbangan antara misi perusahan pada umumnya dengan misi sosial perusahaan itu sendiri,maka hal itu akan membuat sebuah perusahaan tidak memperoleh laba yg maksimal dan perminttan terhadap barangnya juga turun.

33.  Menurut pandangan saya, Pemegang saham/investor  sangat menyetujui misi sosial dari Bnj karena dengan adanya misi sosial itu maka misi ekonomi dari perusahaan mereka akan mendapatkan laba yang besar dengan menjual dan memproduksi barang dengan baik dapat tercapai produk berkualitas serta berinovasi.salah satu dari misi perusahaan mereka yaitu menyediakan laba untuk para pemegang saham. Philip Kotler dan Nancy Lee menyebutkan beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika sebuah perusahaan mengintegrasikan CSR dalam operasi bisnis dan strategi mereka (Philip Kotler and Nancy Lee, Op. Cit, hal : 10) :

a.      Increase sales and market share  (meningkatkan penjualan dan harga saham)
b.      Strengthened brand positioning  (memperkuat kedudukan merek)
c.       Enhanced corporate image and clout  (meningkatkan pengaruh dan reputasi perusahaan)
d.      Increased ability to attract, motivate, and retain employees  (meningkatkan kemampuan untuk menarik, memotivasi, dan memelihara karyawan)
e.      Increased Appeal to investors and financials analysts   (meningkatkan daya tarik kepada investor dan analis keuangan)

Dari point diatas sudah jelas bahwa program tanggung jawab sosial itu penting untuk diterapkan oleh perusahaan karena keuntungan perusahaan tergantung pada masyarakat dan lingkungan.melaui komitmen sosial nya itu sudah menaikan reputasi perusahaan dan memperoleh laba yang besar,hal itu mendorong para investor juga ikut mendukung kegiatan sosial nya itu.para pemegang saham juga akan memperoleh deviden yang besar dari laba itu sendiri.sehingga misi sosial dan misi ekonominya selaras dalam kinerjanya. para investor yang belum menanamkan modalnya di perusahaan bnj juga akan berlomba-lomba berinvestasi di perusahaan bnj agar bisa juga memperoleh deviden.misi sosial dan misi ekonomi ini  menjadi sebuah misi yang selaras karenaperusahaan ini telah dapat  mencari keseimbangan antara ekonomi, produk, dan sosial, menuju ke bisnis yang sustainable. Misi sosial mereka adalah meningkatkan kualitas kehidupan komunitas yang luas, baik secara lokal , nasional, dan internasional.dari semua hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari perusahaan bnj.





sumber gambar : https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjt7c7X5uDdAhXUdysKHSMJDZEQjxx6BAgBEAI&url=https%3A%2F%2Fwww.benjerry.com%2Fflavors%2Fmore-cores&psig=AOvVaw3ejl-WDF_PixVw6KBJ5Ixe&ust=1538330306930766

0 Coment:

Posting Komentar