TANGGUNG JAWAB SOSIAL
PADA BEN AND JERRY`S ICE CREAM
Ben & Jerry’s Ice Cream dimulai sebagai bisnis kecil dan telah tumbuh menjadi perusahaan
internasional. Pernyataan misinya mencakup provisi mengenai (1) menghasilkan produk yang
baik bagi pelanggannya, (2) menyediakan laba untuk para pemegang saham, dan (3) memenuhi
tanggung jawab sosialnya. Ketiga tujuan ini tidak memiliki urutan tertentu. Ben & Jerry’s yakin
bahwa perusahaan sebaiknya tidak hanya focus pada salah satu tujuan saja tetapi sebaiknya
mencapai ketiga tujuan tersebut sekaligus.
Ben & Jerry’s menyumbangkan 7,5% dari laba sebelum pajaknya ke yayasan, yang memberikan
donasi dalam bentuk uang ke organisasi amal tertentu. Dalam usaha yang lain untuk memenuhi
tanggung jawab sosialnya Ben & Jerry’s bekerjasama dengan bisnis bisnis kecil, karena para
pemiliknya masih mengingat bahwa perusahaan dulu juga dimulai dari bisnis kecil. Perusahaan
mengandalkan bisnis bisnis kecil untuk beberapa bahan baku yang digunakan dalam proses
produksinya.
Ben & Jerry’s telah membuktikan bahwa perusahaan dapat mencapai misi ekonominya
sementara misi sosialnya. Komitmen social perusahaan telah meningkatkan reputasi Ben &
Jerry’s, meningkatkan pengakuan atas nama perusahaan, dan mendorong permintaan akan es
krim yang dihasilkan oleh perusahaan. Dengan demikian misi social perusahaan telah
meningkatkan laba perusahaan dan oleh karena itu selaras dengan misi ekonominya.
1. Mengapa anda pikir Ben & Jerry’s mempunyai misi sosial ?
2. Apakah misi sosial bertentangan dengan misi ekonomi ?
3. Apakah anda pikir pemegang saham tidak menyetujui misi sosial Ben & Jerry’s?
tugas pengantar bisnis di universitas jambi
List dari point artikel BnJ :
a.
Bnj mulai dari bisnis kecil
b.
Berkembang menjadi perusahaan internasional
c.
Bnj punya 3 misi
d.
Memproduksi produk yang baik bagi konsumennya
e.
Memberikan imbalan ekonomis ke investor nya
f.
Memenuhi tanggung jawabnya sosialnya
g.
Tujuan/misi yg tidak harus didahulukan dengan
misi yang lain
h.
Bnj tidak terfokus pada satu tujuan saja
i.
Memisahkan 7.5% dari laba nya sebelum pajak
j.
Mengarahkan laba tersebut ke yayasan sosial
k.
Bnj bekerja sama dengan bisnis kecil lainnya
l.
Bnj ingat bahwa ia pernah menjadi bisnis kecil
m.
Mengandalkan bisnis kecil untuk untuk beberapa
bahan baku
n.
Misi ekonomi dan sosial nya tercapai
o.
Komitmen sosialnya meningkatkan reputasi Bnj
p.
Bnj menaikan pengakuan namanya melalui komitmen sosial nya
q.
Memberikan stimulasi permintaan ice creamnya
r.
Misi sosialnya perusahaan meningkatkan laba
perusahaan
s.
Misi sosial yang selaras dengan misi ekonomi
JAWABAN
1 1.
Karena dalam misi usaha nya terdapat point mengenai
misi sosial.misinya yaitu (1)
menghasilkan produk yang baik bagi pelanggannya, (2) menyediakan laba untuk
para pemegang saham, dan (3) memenuhi tanggung jawab sosialnya.ketiga dari
tujuan misinya ini tidak harus mutlak harus berurutan dan terfokus pada satu
misi saja,melainkan misinya itu harus sekaligus dijalankan karena didalamnya
terdapat hubungan yang selaras di setiap misinya itu sendiri.menurutnya misi
sosial pada usahanya akan berhubungan erat terhadap perkembangan usahanya. Bnj
percaya bahwa pertumbuhan bisnis punya hubungan erat dengan CSR (Corporate
sosial responsibility)
Menurut CSR Forum (Wibisono, 2007)
Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai bisnis yang
dilakukan secara transparan dan terbuka serta berdasarkan pada nilai nilai
moral dan menjunjung tinggi rasa hormat kepada karyawan, komunitas dan
lingkungan.
CSR juga sangat bermanfaat sekali bagi
karyawan di perusahaan nya,dengan CSR ini dapat meningkatkan kualitas karyawan
serta terhadap lingkungan sekitarnya.
Bnj telah melakukan komitmen berkerja sama
dengan perusahaan kecil/bisnis kecil.bnj juga menyumbangkan 7,5% dari laba nya
sebelumnya ke yayasan amal.bnj mengandalkan perusahaan kecil untuk bahan baku
produksi perusahaannya.dari hal itu sudah jelas terlihat bahwa bnj juga ikut
memberdayakan perusahaan kecil melalui kegiatan jual beli.
Misi sosial dari perusahaanya itu dalam
jangka waktu yg cepat juga akan berdampak sebagai kontribusi positif bagi
masyarakat.karena akan dianggap membantu dan mewujudkan perekonimian masyarakat
yang sejahtera di waktu yg akan datang serta dapat membuka lapangan pekerjaan
bagi masyarakat. Dari kejadian itu ,bnj justru akan memperoleh tanggapan yang
positif setiap kali menawarkan sesuatu kepada masyarakat. Perusahaan tidak saja
dianggap sekedar menawarkan produk untuk dibeli masyarakat, tetapi juga
dianggap menawarkan sesuatu yang membawa perbaikan masyarakat.
Jadi kesimpulannya misi sosial yg dilakukan
oleh bnj akan membawa kesan positif bagi masyarakat/konsumen sehingga membuat
masyarakat tertarik dengan produknya dan salah satu misi perusahaan juga
terwujud.serta perkembangan perusahaan yg lebih maju
22 .
Menurut pandangan saya misi sosialnya tidak
bertentangan dengan misi ekonominya.karena misi sosialnya erat kaitan nya
dengan misi ekonomi nya.misi sosial yang dilaksanakan membawa kesan positif
bagi orang orang yang terkait dalam perusahaan nya itu,misi sosial itu
berkaitan dengan proses pensejahteraan karyawan nya selain itu misi sosial nya
juga berpengaruh pada masyarakat.pengaruh itu dapat mewujudkan kesejahteraan
perekonomian masyarakat itu dalam jangka panjang.
masyarakat akan cenderung memberikan kesan
kesan positif terhadap kinerja dan produk bnj,hal itu akan mendorong
masyarakat beramai ramai melakukan
pembelian produk bnj.hal itu mendorong terjadi nya kenaikan jumlah permintaan
masyarakat terhadap produknya dan dapat menaikan reputasi perusahaannya menjadi
perusahaan ygang besar,sehingga perusahaan itu memperoleh laba maksimum dari
permintaan produk yang meningkat itu. masyarakat berpendapat bahwa perusahaan
besar yang mendapatkan profit besar pula harusnya secara etika punya tanggung
jawab dan komitmen atas sebagian profitnya untuk kepentingan
komunitas,pegawai,pemerintah,danjuga lingkungan.
Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi
dari misi perusahaan secara umum yaitu :
pihak luar antara lain pelanggan,pemasok,kreditor,pemerintah,kumpulan
pekerja,pesaing,dan masyarakat umum.dari hal itu saja sudah jelas bahwa betapa
pentingnya misi sosial itu sendiri
terhadap perkembangan sebuah perusahaan.hal itu dapat kita lihat dari pihak
pihak tersebut yang jumlah nya sangat banyak serta harus betindak tanggung
jawab sosial yg penuh.jika misi itu saling bertentangan maka akan terjadi
ketidak seimbangan antara misi perusahan pada umumnya dengan misi sosial
perusahaan itu sendiri,maka hal itu akan membuat sebuah perusahaan tidak
memperoleh laba yg maksimal dan perminttan terhadap barangnya juga turun.
33.
Menurut pandangan saya, Pemegang
saham/investor sangat menyetujui misi
sosial dari Bnj karena dengan adanya misi sosial itu maka misi ekonomi dari
perusahaan mereka akan mendapatkan laba yang besar dengan menjual dan
memproduksi barang dengan baik dapat tercapai produk berkualitas serta
berinovasi.salah satu dari misi perusahaan mereka yaitu menyediakan laba untuk
para pemegang saham. Philip Kotler dan Nancy Lee menyebutkan beberapa
keuntungan yang bisa diperoleh ketika sebuah perusahaan mengintegrasikan CSR
dalam operasi bisnis dan strategi mereka (Philip Kotler and Nancy Lee, Op. Cit,
hal : 10) :
a.
Increase sales and market
share (meningkatkan penjualan dan harga
saham)
b.
Strengthened brand
positioning (memperkuat kedudukan merek)
c.
Enhanced corporate image
and clout (meningkatkan pengaruh dan reputasi
perusahaan)
d.
Increased ability to
attract, motivate, and retain employees (meningkatkan kemampuan untuk menarik,
memotivasi, dan memelihara karyawan)
e.
Increased Appeal to
investors and financials analysts (meningkatkan daya tarik kepada investor dan
analis keuangan)
Dari point diatas sudah jelas
bahwa program tanggung jawab sosial itu penting untuk diterapkan oleh
perusahaan karena keuntungan perusahaan tergantung pada masyarakat dan
lingkungan.melaui komitmen sosial nya itu sudah menaikan reputasi perusahaan
dan memperoleh laba yang besar,hal itu mendorong para investor juga ikut
mendukung kegiatan sosial nya itu.para pemegang saham juga akan memperoleh
deviden yang besar dari laba itu sendiri.sehingga misi sosial dan misi
ekonominya selaras dalam kinerjanya. para investor yang belum menanamkan
modalnya di perusahaan bnj juga akan berlomba-lomba berinvestasi di perusahaan
bnj agar bisa juga memperoleh deviden.misi sosial dan misi ekonomi ini menjadi sebuah misi yang selaras
karenaperusahaan ini telah dapat mencari
keseimbangan antara ekonomi, produk, dan sosial, menuju ke bisnis yang
sustainable. Misi sosial mereka adalah meningkatkan kualitas kehidupan
komunitas yang luas, baik secara lokal , nasional, dan internasional.dari semua
hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari perusahaan bnj.
sumber gambar : https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjt7c7X5uDdAhXUdysKHSMJDZEQjxx6BAgBEAI&url=https%3A%2F%2Fwww.benjerry.com%2Fflavors%2Fmore-cores&psig=AOvVaw3ejl-WDF_PixVw6KBJ5Ixe&ust=1538330306930766
sumber gambar : https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=2ahUKEwjt7c7X5uDdAhXUdysKHSMJDZEQjxx6BAgBEAI&url=https%3A%2F%2Fwww.benjerry.com%2Fflavors%2Fmore-cores&psig=AOvVaw3ejl-WDF_PixVw6KBJ5Ixe&ust=1538330306930766
Studi kasus ben and jerry's ice cream