Data mining adalah proses menerapkan metode untuk data dengan maksud untuk mengungkap pola-pola tersembunyi dalam sebuah data mentah. Data mining proses untuk penggalian pola-pola dari data yang ada. Data mining sebagai alat yang penting untuk mengubah data menjadi berupa informasi. Tujuannya adalah mengekstraksi semacam informasi dari rangkaian data yang sangat besar lalu mengubahnya menjadi struktur data yang dapat dipahami untuk kebutuhan informasi dan analisis di masa depan. Hal ini sering digunakan dalam berbagai praktek untuk profit dan profl , seperti bidang pemasaran, bidang pengawasan, mendeteksi penipuan dan penemuan ilmiah.Data mining dalam perusahaan dipergunakan untuk melakukan kegiatan business intelligence (BI) atau analisis financial dan produk terutama di sektor pasar modal dan valas dan analisis untuk kedepannya mengenai produksi. Dengan menggunakan data mining, perusahaan dapat mempelajari banyak tentang konsumen produk mereka. Merek bisa turut mengembangkan berupa strategi yang lebih efektif terkait dengan beragam fungsi bisnis. Selanjutnya, bisnis dapat memperluas sumber tersebut dengan memakai cara yang optimal serta bermanfaat. kegunaan data mining bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis.
Contoh :
Market Analysis dan Management |
Corporate Analysis & Risk Management |
Pada sektor pemasaran data mining dipergunakan untuk target konsumen , manajemen hubungan pelanggan (CRM), analisis pasar, cross selling, segmentasi pasar. a) Target Pemasaran, Misalnya menemukan kelompok pelanggan “model” yang memiliki karakteristik yang sama: minat,tingkat pendapatan, kebiasaan belanja, dll. atau menentukan pola pembelian pelanggan dari waktu ke waktu. b) Analysis lalu lintas pasar, Menemukan hubungan / hubungan antar produk penjualan, & prediksi berdasarkan asosiasi tersebut. c) Profiling pelanggan, Jenis pelanggan apa yang membeli produk apa (pengelompokan atau klasifikasi) d) Analisis kebutuhan pelanggan, Misalnya identifikasi produk terbaik untuk berbagai kelompok pelanggan, Memprediksi faktor apa yang akan menarik pelanggan baru, Penyediaan informasi ringkasan, Laporan ringkasan multidimensi, Informasi ringkasan statistik (kecenderungan dan variasi pusat data) |
Data mining dalam sektor perusahaan biasanya digunakan untuk prediksi, retensi pelanggan, underwriting yang lebih baik, kontrol kualitas, analisis kompetitif. a) Perencanaan keuangan dan evaluasi aset, contoh pada analisis serta prediksi aliran kas, analisis klaim kontinjensi dalam mengevaluasi aset, analisis cross-sectional dan time series b) Planning Perencanaan sumber daya, seperti merangkum dan membandingkan sumber daya dan pengeluaran c) Persaingan, contoh nya dalam memantau pesaing serta arah pasar, mengelompokkan pelanggan ke dalam kelas dan penetapan harga berbasis kelas prosedur, dan mengatur strategi penetapan harga di pasar yang sangat kompetitif.
*dikutip dari banyak sumber Website dan blog |
Data Mining dan untuk keberhasilan Pemasaran Perusahaan