Jumat, 10 Juni 2022

 Analisa kelayakan Coffe Shop di Sungai Penuh (Contoh Kasus di Noka Coffe Sungai Penuh)

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia Makanan termasuk kebutuhan primer bagi setiap manusia sehingga menjadi sangat penting untuk dipenuhi. berdasarkan Maslow’s needs hierarchy theory dikatakan bahwa motivasi dapat dijelaskan dengan lima kebutuhan dasar, dimulai dari tingkatanpaling dasar physiological, safety, social, self-esteem, and self-actualization, Makanan yang merupakan kebutuhan primer manusia, sehingga membuka usaha makanan dan minuman merupakan usaha yang tepat untuk dijalankan.

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang berperan penting dalam menyumbang devisa negara karena nilai ekonomisnya yang cukup tinggi. Kopi juga merupakan salah satu komoditas yang populer dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia baik remaja, orang dewasa maupun orang tua). Semakin tingginya permintaan dan semakin berkembangnya tren minum kopi di kalangan masyarakat membuat semakin banyak pelaku bisnis yang turut mencoba untuk memasuki dunia bisniskedai kopi atau coffee shop

Indonesia menjadi negara keempat sebagai penghasil kopi di dunia, hal ini juga sejalan dengan tingginya konsumsi kopi yang ada di Indonesia. Peningkatan konsumen kopi pun akhirnya membawa perubahan bagi tren minum kopi, kini minum kopi bukan lagi sekedar untuk menghilangkan kantuk tetapi telah menjadi sebuah gaya hidup dan kebutuhan.Selain itu, minum kopi juga dijadikan sebagai wadah untuk berkumpul serta alat untuk berkomunikasi, pencairsuasana, ataupun menjalin keakraban. Maka kehadiran coffee shoppada akhirnya sangat diminati dengan alasan adalah dapat menjadi tempat pertemuandengan rekan, dan fenomena ini juga terjadi di Bandung.

Kedai kopi Noka Coffee meresmikan outlet kelima mereka di kota Sungai Penuh, Kerinci, Jambi, Rabu, 27 Januari 2020. Noka juga mengumumkan dimulainya kerja sama penggunaan teknologi blockchain untuk suplai biji kopi, dengan perusahaan teknologi asal Jepang, Emurgo. Sebagai brand yang mengedepankan tema The Infinite Story of Farmers, teknologi blockchain memungkinkan customer Noka Coffee untuk mengetahui perjalanan biji kopi yang mereka konsumsi from farm to cup: dari petani, kolektor, roaster, hingga diproses oleh barista di kedai. Caranya customer hanya perlu memindai QR Code yang tertera di cup atau kemasan produk. produk andalan Noka adalah 'Mbak Erna Signature', yang dihasilkan dari biji kopi hasil budidaya salah seorang agripreneur terbaik Kerinci, Mbak Erna, di ketinggian 1,630 mdpl.Ketinggian yang cukup, ditambah pengelolaan kopi secara organik memastikan kompleksitas rasa biji kopi Sigararutang dan Andung Sari milik Mbak Erna mendapat nilai 8.5 dari Association of Indonesian Coffee Exporters and Industries (AICE).

 

2.Tujuan Pendirian Proyek

Noka Coffe Sungai Penuh hadir untuk memenuhi kebutuhan sandang masyarakat Indonesia serta berkontribusi dalam memajukan perekonomian  dan meningkatkan pertumbuhan negeri menjadi lebih baik.

 

3.Ruang Lingkup Penyusunan

Analisa Studi Kelayakan Bisnis Noka Cofee Sungai Penuh Dari Aspek-Aspek :

1.      Aspek Resiko, Ekonomi, dan Politik

2.      Aspek Lingkungan Industri

3.      Aspek Pasar dan Pemasaran

4.      Aspek Teknis dan Teknologi

5.      Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia

6.      Aspek Keuangan

 

 


 

PEMBAHASAN

1.Aspek Resiko, Ekonomi, dan Politik

Aspek Resiko Noka Coffe berada pada Ketidakpastian Alam yakni ketidakpastian yang disebabkan oleh kejadian-kejadian Alam seperti Bencana Alam, Tsunami, Gempa, Gunung berapi, longsor hal ini berpengaruh terhadap bahan baku utama dan toko karena pada dasarnya daerah sungai penuh dan kerinci berada di sekitar perbukitan, hutan nasional dan pengunungan aktif. Resiko Ekstern dari luar perusahaan seperti resiko pencurian, penipuan, persaingan, fluktuasi harga, perubahan kebijakan pemerintah maupun pemutusan hubungan kerja secara sepihak. Resiko lain juga bisa di kaitkan kan dengan sisi ekonomi dan politik disekitar lokasi noka coffe.

Perubahan selera konsumen Konsumen merupakan hal yang penting dalam bisnis kuliner sehingga kepuasan konsumen perlu diutamakan. Selera konsumen dapat berubah-ubah setiap waktunya apalagi dalam dunia kuliner ini selera konsumen akan cepat berubah. Hal ini dapat menjadi resiko yang menurunkan penjualan perusahaan, maka dari itu diperlukan inovasi yang terus menerus agar dapat selalu memuaskan konsumen.

Dilihat dari aspek Ekonomi, Adanya Noka Coffe Sungai Penuh tersedianya beragam produk barang dan jasa di masyarakat sehingga meningkatkan persaingan dalam menciptakan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Meningkatkan perekonomian pemerintah maupun melalui pendapatan berupa pajak dari sumber-sumber yang dikelola oleh perusahaan. menambah peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat hal demikian berdampak meratakan pendistribusian pendapatan.

Adanya spekulasi yang timbul akibat kondisi politik yang diciptakan pemerintah akan memengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk pada noka coffe, baik produk barang maupun jasa yang disediakan.Dari aspek politik disekitar kerinci sungai penuh tidak terlalu mempengaruhi permintaan dan penawaran pada noka coffe, tetapi isu global yang sering diberitakan di internet atau televisi membawa pengaruh pada noka coffe seperti informasi hangat mengenai komoditas kopi mengalami kenaikan harga di pasar global sehingga sektor UMKM atau pihak penyuplai bahan baku enggan memberikan produk bahan baku ke noka cofee. Kebijakan pemerintah atau juga turut menjadi resiko oka coffe dalam proses operasional seperti pengesahaan RUHKP lalu disusul dengan demontrasi oleh mahasiswa.

2.Aspek Lingkungan Industri

Dalam hal ini Noka Coffe memilih lokasi yang memang ramai dilalui oleh orang sehingga lebih mudah dilihat masyarakat, selain itu juga lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis kuliner dikarenakan banyak tempat makan yang berada disana sehingga meningkatkan potensi pasar Noka Coffe meskipun demikian hal tersebut juga meningkatkan tingkat persaingan itu sendiri karena berada di industri kuliner dan minuman. keberadaan Noka Coffe juga berdampak pada pembangunan daerah dimana kedai kopi tersebut akan menambah pendapatan bagi Noka Coffe sendiri sehingga dengan pajak sebesar 10%, jumlah pajak yang diberikan kepada daerah akan meningkat.

Secara lingkungan, Noka Coffe tidak menimbulkan dampak secara negatif. Hasil dari produksi yang dilakukan pada kedai kopi ini adalah sampah dapur. Pembuangan dari sampah dapur ini akan dikelola dengan baik sesuai dengan jadwal pembuangan sampah. Selain itu, limbah kopi yang dihasilkan juga dapat diolah kembali menjadi pupuk atau produk lainnya. Secara sosial, keberadaan Noka Coffe malabar akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar karena kedai kopi ini akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.

3.Aspek Pasar dan Pemasaran

Noka Coffe Dalam memasuki pasar, Noka Coffe telah menentukan karakteristik konsumen mereka agar dapat lebih fokus dalam menguasai pasar. Karakteristik konsumen Noka Coffe adalah:

Ø  Negara            : Indonesia

Ø  Wilayah           : Jambi

Ø  Kota                 : Sungai Penuh

Ø  Usia                 : 15-45 tahun

Ø  Kelas sosial      : menengah

Ø  Pendapatan     : 2-5 juta rupiah per bulan

Ø  Life style          : Modern (serba praktis dan gemar hangout)

Ada empat variabel dalam aspek pemasaran Noka Coffe yang dikenal dengan 7P yang terdiri dari :

1.Produk ( Product )

Produk utama yang dijual oleh Noka Coffe adalah berbagai macam produk minuman kopi susu dan ditambah dengan beberapa produk makanan kollaborasi dengan Restoran lamanda yang berada pada satu kawasan dengan Noka Coffe. Untuk minumannya sendiri Noka Coffe menyediakan berbagai jenis minuman seperti kopi, float, berbagai jenis teh, yoghurt, dan special drink yang merupakan campuran dari minuman-minuman yang menghasilkan rasa baru. Bahan Baku utama produk di kebun sendiri dan diolah lebih lanjut UMKM Mitra.

2.Harga  ( Price )

Harga yang diberikan Noka Coffe termasuk harga yang terjangkau bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah Sungai Penuh dan Kerinci. Untuk harga minuman dan makanan Noka Coffe memberikan range harga mulai dari Rp. 10.000,-sampai Rp. 150.000,-sedangkan untuk minuman range harganya mulai dari Rp. 15.000,-sampai Rp. 300.000,-. Harga Menyesuaikan Kelas Segmentasi dari target pasar konsumen noka coffe dan perilaku konsumen.

3.Tempat ( Place )

Tempat usaha merupakan wadah atau bidang yang akan digunakan dalam menjalankan usaha nantinya. Maka dari itu Noka Coffe memilih tempat usaha dengan kriteria sebagai berikut:

Ø  Strategis

Ø  Dipusat kota

Ø  Berada dikeramaian dan mobilitas jalan raya yang lancar

Ø  Bisa diakses dengan mudah

Ø  Dapat dilihat oleh konsumen

Noka Coffe memilih tempat yang strategis dan dekat dengan konsumen serta sering dikunjungi atau dilewati oleh masyarakat. Lokasi yang dipilih Noka Coffe adalah Jl. Muradi , Koto Tinggi , Kota Sungai Penuh, Jambi.

4.Promosi ( Promotion )

Dalam upaya memperkenalkan dan menawarkan produknya Noka Coffe melakukan berbagai jenis kegiatan promosi. Tujuan dari promosi tersebut adalah agar masyarakat mengetahui Noka Coffe dan produk yang ditawarkannya. Jenis-jenis promosi yang dilakukan oleh Noka Coffe adalah sebagai berikut:

Ø  Melakukan promosi melalui Media sosial resmi noka coffe selain itu bekerjasama dangan restoran lamanda

Ø  Mengundang Blogger atau vlogger kuliner

Ø  Memberikan promo spesial di event dan tanggal tertentu

Ø  Promosi dan kerja sama melalui event daerah setempat dan UMKM Sekitar

5.Orang ( People )

Orang-orang yang berpartisipasi secara langsung dalam pelayanan terdiri dari manajemen, barista, kitchen, pelayan/server, Facility Care, Parking dan kasir. Kedai kopi ini akan memberikan pelayanan yang ramah sesuai dengan SOP yang dibuat. Selain itu,pelayanan yang dibawakan tidak terlalu formal karena kedai kopi ini memiliki suasana yang santai sehingga para pelayanan di tempat tersebut diharapkan dapat berbincang dengan konsumen yang datang mengenai kopi, teh, makanan maupun hal lain yang ada di kerinci & sungai penuh Karyawan yang bekerja di kedai kopi tersebut akan diawasi oleh supervisor dimana supervisor untuk kedai kopi tersebut merupakan penanggung jawab unit Noka  itu sendiri

6.Proses ( Process )

Strategi pemasaran yang dilakukan dari segi proses yaitu, kedai kopi ini mengutamakan kualitas produk dan pelayanan yang baik dimana produk yang dijual disajikan dalam keadaan segar dengan bahan-bahan yang berkualitas. Pelanggan yang datang akan memilih menu dan membayar terlebih dahulu makanan atau minumannya di kasir lalu pesanan akan dibuat di area bar atau kitchen kemudian diantarkan ke meja pelanggan oleh pelayan. Pelayanan yang ramah juga menjadi hal utama dan penting dilakukan.

7.Lingkungan Fisik ( Physical Evidence )

Noka Coffe Sungai Penuh memiliki konsep yang berhubungan dengan Modernisasi, santai, dan cerita dari kebun kopi. Karena tempat tersebut kental dengan Modern, ornamen atau dekorasi yang akan dibuat pun akan berhubungan dengan konsep tersebut. Konsep utama yang ditonjolkan pada kedai kopi ini adalah suasananya yang sejuk dan nyaman dimana akan tersedia tempat duduk di dalam ruangan juga luar ruangan sehingga pengunjung yang datang dapat memilih sendiri tempat duduk dan suasana yang ingin dirasakannya. Karena hal utama yang ingin dibawakan adalah suasanya nyaman untuk berkumpul dan berbincang, kedai kopi ini tidak menyediakan fasilitas wifi, fasilitas lain seperti mushola, toilet agar pengunjung yang datang bisa menikmati suasana yang tersedia dan juga berbincang dengan satu sama lain

4.Aspek Teknis dan Teknologi

Aspek teknis dan teknologi dalam pendirian cafe sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dan kegiatan operasional perusahaan.Dalam pendirian cafe diperlukan fasilitas utama dan fasilitas penunjang. Fasilitas utama terdiri dari mesin kasir, suplai air, listrik, audio system, peralatan dan perlengkapan dapur. Sementara untuk fasilitas penunjangnya terdiridari ac, wifi, cctv, kantor, gudang. Berikut ini merupakan aspek teknis dan teknologi yang dimiliki oleh Noka Coffe:

1.Peralatan dan Perlengkapan

Untuk menjalankan proses produksi dibutuhkan peralatan dan perlengkapan agar proses produksi berjalan dengan baik. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan Noka Coffe adalah Perlengkapan Barista,kompor, kulkas, freezer, peralatan dapur, mesin kasir, AC, CCTV, dan WiFi.Peralatan dan perlengkapan yang digunakan teknologi modern sudah terstandar sehingga efisien dan efektif dari segi pengolahan dan pelayanan yang cepat sampai ke konsumen.

2.Jam Operasional

Jam Operasional yang diberlakukan untuk pelanggan oleh Noka Coffe adalah 12.00-00.00 pada saat weekdays, dan 10.00-02.00 pada saat weekend. Untuk jam operasional karyawannya sendiri adalah pukul 09.00 (untuk bagian dapur dan store keeper) dan pukul 10.30 (untuk manajer, floor captain, bar, pelayan, dan kasir) sampai pukul 00.30. Untuk jam operasional karyawan pada saat weekend Pukul 09.00 (untuk bagian dapur dan store keeper) dan Pukul 10.30 (untuk manajer, floor captain, bar, pelayan, dan kasir) sampai pukul 02.30. Untuk jam operasional karyawan pada bagian bar, pelayan, kasir, dan dapur dibagi ke dalam 2 shift. Shift pertama dimulai pukul 10.30 sampai pukul 18.00 sedangkan untuk shiftkedua dimulai pukul 18.00 sampai dengan pukul 00.30 pada weekdaysdan 02.30 pada weekend. Untuk bagian dapur dan store keeperdatang pukul 09.00 untuk memastikan bahan baku makanan dan minuman tersedia dan menyiapkansegala kebutuhan untuk proses produksi.

3.Proses Produksi

Untuk proses produksi di Noka Coffe dibagi menjadi dua yaitu bagian depan dan dapur. Proses produksi pada bagian depan :

Ø  Pelayan membersihkan dan mempersiapkan tempat duduk untuk konsumen dan menyediakan barang-barang keperluan konsumen

Ø  Pelayan memberikan menu kepada konsumen dan mencatat pesanan.

Ø  Pelayan mengantarkan pesanan yang sudah tersedia

Ø  Konsumen melakukan pembayaran di kasir.

Proses produksi pada bagian dapur :

Ø  Bagian dapur dan store keepermempersiapkan dan memastikan kebutuhan proses produksi.

Ø  Membuat masakan atau minuman yang dipesan oleh konsumen.Membersihkan peralatan dapur agar dapur dapat digunakan dengan nyaman

 

5.Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia

Manajemen dan Sumber daya manusia merupakan salah satu aset yang perlu dipertimbangkan dalam proses bisnis Noka Coffe. Dibutuhkan pegawai-pegawai untuk melayani pembeli serta menjalankan proses produksi untuk menghasilkan produk yang akan dijual ke pembeli.noka coffe sungai penuh sudah memiliki struktur organisasi, deskripsi jabatan, syarat untuk memangku jabatan, perencanaan pelatihan bagi SDM juga sistem penggajian yang digunakan.

 

1. Karyawan Noka Coffe

Tipe karyawan yang dibutuhkan oleh Noka Coffe adalah: Manajer , Floor, Barista Utama, Kasir, Pelayan, Facility Care, Parking, Oang Bagian Dapur, Store. Untuk memenhui kebutuhan karyawan Noka Coffe diperlukan kegiatan perekrutan. Job requirement yang dibutuhkan oleh Noka Coffe berbeda-beda sesuai dengan posisi pekerjaan. Untuk manajer dan store keeper, Noka Coffe mensyaratkan kemampuan akademis dari posisi tersebut adalah D3 atau S1, sedangkan untuk posisi lainnya Noka Coffe mensyaratkan personil tersebut minimal lulusan SMA atau sederajat. Untuk posisi sebagai personil di bagian dapur, Noka Coffe mensyaratkan personil mereka untuk memiliki kemampuan khusus yaitu kemampuan memasak dan meracik.  Noka Coffe sudah memiliki job desc yang mendetail untuk masing-masing posisi yang ada tersebut.

2. Gaji dan Tunjangan

Noka Coffe memiliki rincian gaji tetap dan tunjangan untuk para karyawannya. Gaji karyawan Noka Coffe mengalami kenaikan sebesar 10 % setiap tahunnya sesuai kebijakan perusahaan dan loyalitas karyawan pada perusahaan. Para karyawan juga berhak mendapatkan THR sebesar 1 kali gaji yang diterima karyawan setiap bulannya. Karyawan Noka Coffe memperoleh fasilitas BPJS dari perusahaan pada tahun kedua. Besar biaya BPJS adalah sebesar 5% dari gaji pokok, 4% ditanggung oleh perusahaan dan 1 % ditanggung karyawan

3.Manajemen

Noka Coffe Sudah memiliki  Standar Operasional Tersendiri sehingga setiap prosedur dan aktivitas  dijalankan sesuai dengan standar, hal ini untuk mempermudah noka mengawasi dan memenajemenkan opersional perusahan. Dengan adanya SOP bisa dijadikan untuk menunjang pembukaan cabang baru kedepannya.

6.Aspek Keuangan

Aspek keuangan pada umumnya merupakan aspek yang paling akhir disusun dalam sebuah penyusunan studi kelayakan bisnis. Hal ini karena dalam aspek keuangan memerlukan informasi yang berkaitan dengan aspek-aspek sebelumnya. Bisnis yang berorientasi keuntungan maupun yang tidak berorientasi keuntungan harus tetap memperhatikan aspek keuangan sebelum menjalankan bisnis. Oleh karena itu teknik penganggaran modal sangat perlu digunakan untuk mengetahui kelayakan bisnis ini.

Kebutuhan Dana

Kebutuhan dana untuk Noka Coffe terdiri dari dana investasi dan dana modal kerja. Noka Coffe Sungai Penuh memanfaatkan aset gudang yang terletak di areal perkebunan kopi utama untuk dijadikan areal penyimpanan sehingga modal untuk investasi yang dibutuhkan terdiri dari biaya renovasi gudang dan biaya peralatan. Biaya renovasi gudang yang diperlukan adalah sebesar Rp50.000.000 dan biaya peralatan sebesar Rp55.706.584 sehingga jumlah biaya investasi yang diperlukan untuk pembukaan kedai kopi ini adalah sebesar Rp.105.706.584. Selain modal investasi, dibutuhkan juga modal kerja yang harus dikeluarkan. Biaya untuk modal kerja terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Investor memperkirakan investasi awal yang dikeluarkan oleh noka coffe dapat memenuhi kapasitas yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan proses produksi dan penjualan dalam 5 tahun ke depan sehingga tidak ada penambahan investasi di tahun-tahun berikutnya.

Estimasi Pendapatan

Pendapatan Noka Coffe dilihat dari penjualan makanan dan minuman per harinya. Noka Coffe Sungai Penuh mengasumsikan bahwa setiap menu akan terjual satu hingga sepuluh setiap harinya sehingga total target penjualan per bulan adalah 2500 menu terjual. Asumsi pendapatan per bulan dari Noka Coffe adalah Rp40.000.000 yang berarti dalam satu tahun, Noka Coffe memiliki pendapatan sebesar Rp400.000.000. Selama 5 tahun, pendapatan dari Noka Coffe diasumsikan akan meningkat sebesar 5% setiap tahunnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh harga bahan baku yang meningkat setiap tahunnya pula sehingga berpengaruh terhadap harga jual makanan dan minuman.

Estimasi Biaya Operasional

Biaya operasional yang dikeluarkan oleh Noka Coffe terdiri dari biaya bahan baku, gaji pegawai, biaya listrik, biaya air dan biaya lainnya yang mungkin muncul. Total biaya operasional per bulan untuk Noka Coffe adalah sebesar Rp14.000.000, maka biaya operasional yang dibutuhkan dalam setahun adalah sebesarRp200.000.000. Rata-rata inflasi yang terjadi di Indonesia adalah sekitar 3%-5% sedangkan kenaikan upah per tahun adalah 10%.

Biaya Penyusutan

Metode penyusutan yang digunakan adalah metode garis lurus, metode garis lurus menggabungkan alokasi dan biaya dengan berlalunya waktu dan mengakui pembebanan periodik yang sama sepanjang umur asset digunakan memberikan manfaat yang sama untuk tiap periode sepanjang umur aset dan pembebanannya tidak dipengaruhi perubahan produktivitas ataupun efisiensi aset. Estimasi total biaya penyusutan dalam satu tahun untuk Noka Coffe adalah Rp12.000.000 sehingga penyusutan per bulannya adalah Rp1.000.000

Proyeksi Arus Kas

Proyeksi arus kas diperoleh dari perhitungan selisih antara aliran kas masuk(inflow) dan aliran kas keluar (outflow) setiap tahunnya. Proyeksi arus kas atau cash flow dilihat dari pendapatan dan biaya yang dikeluarkan selama satu tahun. Pada perhitungan cash flow selama lima tahun, didapatkan cash end period atau jumlah seluruh pendapatan dan biaya per tahun kurang lebih sebesar Rp400.000.000.

proyeksi laporan arus kas ada bebarapa penyesuaian terutama pada pos yang terkait dengan laporan laba/rugi yaitu pos biaya penyusutan, penyertaan pemerintah dan penurunan (kenaikan) aktiva tetap. Dari hasil analisis pada proyeksi laporan arus kas menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan kas dan setara kas selama akumulasi empat tahun.

Proyeksi Laba Rugi

Laporan laba rugi Noka Coffe terdiri dari pendapatan yang diperoleh dari penjualan atau disebut juga earning before tax (EBT). Bagian selanjutnya menunjukkan jumlah biaya operasional yang dikeluarkan, biaya penyusutan tiap tahun dan kewajiban yang harus dikeluarkan oleh Noka Coffe Sungai Penuh berupa pajak sebesar 10% dari pendapatan yang sudah ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Kota Sungai Penuh sehingga kemudian diperoleh laba bersih setelah pajak atau disebut juga earning after tax (EAT) .

proyeksi laporan laba/rugi pada satu tahun awal perusahaan masih belum menghasilkan laba atau dengan kata lain rugi. Dua tahun awal perusahaan bisa mengembalikan uang kembali ( pay back periode ). Perusahaan memperoleh laba karena merek sudah mulai dikenal, jaringan pemasaran sudah lancar dan penjualan mulai naik. Pada tahun keempat perusahaan sudah mengalami kenaikan jumlah laba yang signifikan karena pertumbuhan nilai penjualan yang bagus

Kelayakan Usaha dan investasi

Untuk mempertimbangkan hasil teknik penganggaran modal secara keseluruhan yang masih memiliki beberapa kekurangan dalam setiap tekniknya. Dengan melihat dari hasil teknik penganggaran modal dan juga memperhatikan risiko bisnis diharapkan investor dapat mengambil keputusan investasi dengan lebih tepat.  menyarankan kepada investor untuk melakukan pengendalian penganggaran modal agar ekspektasi yang telah dibuat dapat tercapai .

 

Teknik penganggaran modal yaitu teknik Periode Pengendalian (PP), teknik Nilai Bersih Sekarang (NVPS, teknik Tingkat Pengembalian Internal (IRR), dan Teknik Indeks Laba (IP).data ril terkait kelayakan usaha dan investasi secara pasti tidak dapat diperoleh secara umum oleh orang luar perusahaan.

 

PENUTUP

1.Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Noka Coffe yang berada di Jalan Muradi Koto Tinggi  Sungai Penuh  mengenai studi kelayakan bisnis, penulis menarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah yaitu:1.Aspek-aspek yang dimiliki Noka Coffe sudah cukup lengkap. Seluruh aspek yang dimiliki oleh Noka Coffe ini dapat dikatakan layak dalam pendirian sebuah bisnis.  

2. Saran

Rekomendasi dari Analisa  studi kelayakan bisnis “Noka Coffe Sungai Penuh” ini adalah layak untuk dilanjutkan dengan menambah teknologi-teknologi yang mutakhir dalam proses produksi dan berdaptasi dengan perkembangan zaman yang terus berkembang.

0 Coment:

Posting Komentar