Selasa, 04 Mei 2021

Pelayanan kepada konsumen salah satu unsur terpenting dalam komunikasi pemasaran. Pelayanan kepada konsumen bertujuan memelihara dan meningkatkan hubungan psikologis antara produsen dan Konsumen serta memantau berbagai keluhan Konsumen. di balik pemasaran produk yakni untuk memenuhi permintaan dan keinginan konsumen. hal ini dapat membantu untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Karena konsumen adalah orang yang paling penting bagi beberapa kepentingan di sebuah perusahaan seperti sales, staf penjualan, produksi, operasional  bahkan perusahaan itu sendiri.dari konsumen lah pihak tersebut dapat berkembang dan berinovasi yang berkelanjutan. Dari sini saja sudah terlihat bahwa layanan kepada konsumen melibatkan banyak fungsi di perusahaan. 

Penting bagi mereka untuk mempertimbangkan hal yang konsumen sukai, sehingga mereka dapat menyediakan barang dan jasa yang sesuai.dengan memahami konsumen maka sebuah perusahaan telah mampu beradaptasi terhadap situasi yang terjadi saat ini. Analisis yang lebih hati-hati membantu dalam prediksi yang lebih tepat tentang perilaku konsumen produk atau layanan apa pun. Studi tentang ini  membantu manajemen operasi seperti: manajer bisnis, staf penjualan, dan pemasar melakukan tugas nya masing masing.fungsi dari setiap sektor diperusahaan itu sendiri diharapkan bisa melakukan tugas nya secara tepat sasaran dan efektif.

Konsumen akan selalu mengingat jika pelayanan yang diberikan sangat baik atau sangat buruk. pelayanan akan selalu ada dalam kepala konsumen. Karena konsumen tidak hanya melihat produk, namun juga terdapat interaksi layaknya obrolan ringan dengan orang yang mewakili produk atau jasa hal ini merupakan salah bentuk dari layanan konsumen baik itu interaksi langsung atau melalui perantara. Jika memberikan pelayanan yang baik, maka konsumen akan mengingat perusahaan dengan baik, namun jika sebaliknya maka akan sangat mungkin akan kehilangan Konsumen dan mendapat beberapa penilaian buruk dari mereka.

Perilaku konsumen dalam konteks layanan konsumen mengacu pada pemilihan, perolehan dan konsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ada berbagai proses yang terlibat dalam perilaku konsumen, hal ini tentu melibatkan banyak fungsi dari organisasi. Dari hal ini melibatkan banyak fungsi tentang produk atau jasa di perusahaan yang berkaitan dengan pemantauan dengan perilaku  konsumen.dari layanan konsumen ini banyak yang bisa didapat oleh perusahaan untuk perbaikan dan pengembangan tentang layanan maupun produk perusahaan.Dalam komunikasi pemasaran tidak saja sebagai alat untuk melakukan kontak hubungan dengan para konsumen dan calon konsumen, komunikasi pemasaran juga sebagai alat untuk menjamin dapat berhubungan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap suatu produk.layanan konsumen juga membantu interaksi antar divisi ataupun berbagai bidang disebuah perusahaan sehingga menghasilkan satu pemikiran yang sama.

Komunikasi pemasaran dapat mengembangkan kesadaran konsumen terhadap produk/jasa yang dihasilkan perusahaan. Sehingga konsumen mengenal produk/jasa yang ditawarkan, dengan begitu dapat merangsang terjadinya penjualan dan hubungan lebih lanjut pasca pembelian produk/jasa. kini komunikasi pemasaran lebih dikenal dengan komunikasi pemasaran terpadu, yang artinya suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah dari suatu rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi misalnya, iklan media cetak-elektronik, respon langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat dan menggabungkan berbagai disiplin tersebut guna memberikan kejelasan, konsistensi serta dampak komunikasi yang maksimal. Dalam konteks lain layanan konsumen juga salah satu cara untuk perluasan pasar, melalui komunikasi pemasaran pada dasarnya yakni penempatan misi perusahaan atau penetapan sasaran organisasi dengan penekanan pada kekuatan eksternal dan internal, perumusan kebijaksanaan dan strategi tertentu untuk mencapai sasaran dan memastikan implementasinya secara tepat, sehingga tujuan dan sasaran utama organisasi sebagai langkah perluasan pasar dapat tercapai.

Kegiatan pemasaran yang dimplementasikan berdasarakan desain strategi yang telah direncanakan berdasarkan pada hasil analisa kondisi persaingan industry suatu produk pada berbagai tingkatan siklus hidup produk, perlu kiranya dikomunikasikan antara perusahaan kepada pasar sasaran. Dalam kegiatan ini komunikasi pemasaran menjadi sangat penting, karena melalui komunikasi pemasaran yang tepat sesuai dengan culture, life style, buying habits, pola konsumsi konsumen, media komunikasi,  dan lain-lainnya konsumen sasaran atau pembeli akan dapat dengan mudah mengetahu produk yang dicari. Bahkan dengan komunikasi dengan konsumen berkonsultasi bila terjadi penyimpangan nilai, sehingga konsumen merasa tidak salah mengunakan produk/jasa tersebut.

0 Coment:

Posting Komentar